Editorial HeadLine 

Prabowo, Target Program 2021 untuk Kinerja atau Politik

Tahun 2021, Kebijakan Strategi dan Perencanaan serta implementasi di setiap Kementerian, manjadi tolak ukur keberhasilan Kabinet Jokowi. Sasaran-sasaran strategis tersebut haruslah menjadi mercusuar dalam setiap program.

Pemulihan pasca Pandemi Covid 19, menjadi tugas yang sangat berat bagi Jokowi. Menyampingkan masalah politik dibawah kepentingan Bangsa, tidaklah mudah seperti membalik telapak tangan.

Salahsatunya yang diagendakan oleh Prabowo, Menteri Pertahanan Indonesia. Prabowo mendorong 9 rencana strategis Kementerian untuk mendukung kerja Presiden.

Pertama, melanjutkan penanganan pandemi Covid-19 melalui upaya peningkatan kapasitas pertahanan yang berupa sarana prasarana, dan pelayanan kesehatan Rumah Sakit Kemhan dan TNI.

Kedua, penyiapan Sumber Daya Manusia Pertahanan Negara melalui pembentukan program Sarjana S1 Unhan.

Ketiga, penguatan fungsi pembinaan sumber daya pertahanan dan pembangunan cadangan logistic nasional.

Keempat, melanjutkan pembangunan postur TNI untuk pemenuhan kekuatan pokok melalui modernisasi Alutsista matra darat laut dan udara, dan pengembangan personel dengan menerapkan rightsizing dan proportional grows yang disesuaikan dengan pengembangan satuan TNI.

Kelima, adanya pembentukan komponen cadangan matra darat, laut, serta matra udara yang disesuaikan dengan kebutuhan matra guna memperkuat komponen utama.

Keenam, penguatan kerjasama pertahanan dan keamanan khususnya dengan negara-negara ASEAN dan kawasan Pasifik Selatan.

Ketujuh, penguatan pertahanan di wilayah-wilayah Selat Strategis dengan memperkuat costal missile defence system dan costal surveillance system.

Kedelapan, pengembangan industri pertahanan nasional melalui peningkatan promosi kerjasama dan mengimplementasikan kebijakan imbal dagang, kandungan lokal untuk meningkatkan kemampuan industri.

Kesembilan, pembangunan wilayah pertahanan yang bertumpu pada pulau-pulau besar secara mandiri, dengan melakukan penyiapan cadangan pangan, air, energi serta sarana nasional lainnya untuk mewujudkan pusat-pusat logistik pertahanan yang tersebar di seluruh NKRI.

Terlepas didalamnya ada unsur politik, pencitraan dan lain sebagainya, langkah Prabowo patut kita apresiasi.

Berita Terkait

Leave a Comment

error: Content is protected !!