Berita Daerah HeadLine Sosial - Politik 

KGPHPA Tejo Wulan Restui ABY-HJT Jadi Bupati Klaten.

Indonesiatopline.com || Klaten – Menjelang hari hari akhir pelaksanaan Pilkada Klaten, Jawa Tengah, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Klaten nomor urut 03, Arif Budiyono dan Harjanto (ABY-HJT) kembali mendapat dukungan dari berbagai pihak dan kalangan. Kali ini secara mengejutkan pasangan ABY-HJT yang duusung 4 partai potilik yakni PAN,PKB,PPP dan Nasdem serta didukung 5 partai Nasionalis yakni Hanura, Perindo, PSI, Berkarya, Garuda dan satu “partai”  non parlemen yakini Barisan Banteng Giras Klaten mendapat restu dari keraton Surakarta Hadiningrat, yakni Ingkang Sinuhun Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Panembahan Agung (KGPHPA) Tejo Wulan.

Restu kepada ABY-HJT diberikan Tejo Wulan yang saat ini menjabat sebagai Pepatih Dalem Sinuwun Sunan Pakubuwono XIII, setelah keduanya di timbal (dipanggil) khusus untuk datang ke salah satu pesanggrahan kerabat keratin beliau diwilayah Klaten bagian barat.

Dalam pertemuan yang diiringi hujan yang cukup lebat, tampak Kanjeng Sinuhun Tejo Wulan akrab berbincang bincang dengan Harjanta dan Arif Budiyono, yang sesekali diselingi tawa kecil. Keakraban Kanjeng sinuwun bersama ABY-HJt yang diibangi raut wajah dan gestur tubuh yang tampak santai dan bersahaja, menyiratkan Kanjeng Tejo Wulan sangat menerima dan senang dengan tampilnya ABY-HJT maju di Pilkada Klaten tahun ini.

Sementara salah satu abdi abdi dalem Kraton Surakarta, Ronggo Sutarno, menyatakan tidak mudah untuk bisa menghadap kanjeng sinuhun atau ditimbali beliau untuk menghadap marak sowan. Maka dirinya sangat heran dan diluar kebiasaan Kanjeng Sinuwuh kerso (mau) nimbali (memanggil) seseorang apalagi calon Bupati untuk datang menghadap. Maka ketika beliau berkenan memanggil mas rif Budiyono dan pak harjanta untuk menghadap, maka menurutnya ini sebuah pertanda sangat baik jika keratin Solo dalam hal ini Sinuwun Tejo Wulan merestui pasangan ABY-HJT dalam Pilkada Klaten.

Harjanta bersama istri saat ditimbali Sinuhun Tejo Wulan.

Selama ini lanjut Ronggo memang ada klaim dari salah satu calon yang mengatakan telah mendapat restu dari keraton Solo. Namun klaim tersebut tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Maka ketika Kanjeng Sinuhun Tejo Wulan berkenan memanggil pasangan ABY-HJT untuk sowan menghadap, dirinya semakin yakin jika klaim yang sempat dilontarkan oleh salah satu calon yang mengatakan dapat restu dari keraton Solo tidak benar dan ngawur.

“Saat ini saya sudah lega dan plong. Kalau kemarin semua kerabat keraton Solo di Klaten termasuk (POKOSO) masih bingung harus memilih dan mendukung siapa, semua belum bisa menentukan pilihan. Namun setelah Kanjeng Sinuhun Tejo Wulan secara khusus sudah nimbali (memanggil) ABY-HJT untuk menghadap, maka semua jadi terang benderang. Kanjeng Sinuwun mendukung serta merestui pasangan ABY-HJT, dan kami selaku kawulo akan selalu nderek ngestokaken dawuh (menurut) perintah raja”, tegasnya.

Menurut Ronggo anggota Paguyuban Kerabat Kraton Surakarta Hadiningrat (POKOSO) di Klaten jumlahnya ribuan. Mereka tidak bersikap dan belum menentukan pilihan, selama belum ada bukti tentang adanya dukungan  restu dari Kraton Surakarta terhadap salah satu calon.

Tetapi setelah Kanjeng Patih KGPHPA Tedjowulan berekenan Nimbali dan bertemu langsung dengan mas Arif – Pak Harjanto dan sudah menyatakan langsung restu  dan dukungan Kraton Surakarta terhadap pasangan ABY-HJT, maka kami semua warga POKOSO di Klaten jadi plong dan lega. Arinya pilihan kita pada Pilkada nanti sudah jelas. Siapa yang harus dipilih dan didukung.( mamby alice))

Berita Terkait

Leave a Comment

error: Content is protected !!